Sering sendawa, bisa jadi gangguan lambung

Sering sendawa, bisa jadi gangguan lambung~ Sendawa sering dianggap pertanda tubuh kekenyangan, akan tetapi jika mengalami sendawa terus menerus maka ada hal yang tidak beres seperti gejala penyakit atau efek dari obat-obatan.

Sendawa biasanya terjadi setelah makan

Sendawa setelah makan sering dianggap tidak sopan dan memalukan, karena membuang gas lewat mulut. Hal tersebut dapat membuat mengurangi rasa tidak nyaman pada perut akibat menumpuknya gas. Karena saat makan, minum sambil bicara, mengunyah permen karet, mengisap permen, makan terlalu cepat, atau merokok (nitrogen dan oksigen) akan masuk dan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.

Proses terjadinya sendawa : Udara atau gas yang masuk ini dipaksa keluar dari perut lalu naik ke kerongkongan (tabung yang menghubungkan bagian belakang kerongkongan dengan perut) agar bisa dikeluarkan melalui mulut sehingga terjadilah sendawa.

Waspada jika mengalami sendawa terus menerus, bisa jadi gejala dari :

  1. Dispepsia
  2. Gangguan pada esofagus
  3. Maag

Untuk penderita sendawa terus menerus sebaiknya melakukan:

 

  • Hindari mengonsumsi makanan berlemak, makanan yang mengandung asam seperti jus buah, kopi, tomat, dan bawang bombay, dan makanan pedas seperti merica dan cabai.
  • Daripada direbus, lebih baik sayuran dimasak dengan cara dikukus.
  • Memakai pakaian longgar.

Itulah sedikit ulasan tentang sendawa, jika anda sedang mencari pengobatan untuk mengobati sendawa bisa lihat di jgqnc.com

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Sering sendawa, bisa jadi gangguan lambung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *