manfaat yang terkandung didalam timun laut atau teripang emas

Selamat datang di website resmi jgqnc.com dalam kesempatan ini kami akan membahas mengenai manfaat timun laut atau teripang emas. Salah satu kekayaan laut yang mempunyai banyak khasiat yaitu teripang emas atau timun laut.

Timun laut atau teripang emas

Teripang EMasMengapa teripang disebut dengan timun laut? karena teripang bentuknya mirip seperti timun, oleh karena itu disebut dengan timun laut. Walaupun bentuknya mirip, tetapi tubuhnya lunak tidak seperti timun. Didalamnya terkandung mineral, asam amino, vitamin, protein, omega 3, omega 6, omega 9, saponin, anti septik, lektin, mukopolisakarida, glucasaminoglycans juga kolagen.

Teripang yang akan kita bahas disini, yaitu teripang emas dan memiliki banyak nama lain, diantaranya: timun laut, teripang emas, teripang laut, sea cucumbar, jelly gamat.

Teripang emas

Teripang emas merupakan hewan laut invertebrata holothuroidea, hewan ini tersebar di zona pasang surut sampai zona terdalam diseluruh dunia terutama di samudera pasifik barat dan hindia. Teripang laut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan termasuk untuk mengobati berbagai penyakit, seperti: dapat mencegah kanker, mengatasi gangguan pada sistem pernafasan, mengobati gagal ginjal, mengatasi masalah lambung, dan juga menyehatkan tulang dan sendi.

Beberapa penelitian Manfaat yang terkandung didalam Teripang Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit, yaitu:
Berikut beberapa hasil penelitian terhadap hewan laut teripang yang di lakukan oleh beberapa ahli kesehatan di banyak negara untuk membuktikan bahwa Manfaat Teripang Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit :
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Cina yang diterbitkan pada bulan Agustus 2005 dengan judul  ” Cancer Biology & Therapy,” teripang juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai E philinopside, atau PE. PE sendiri dapat menghambat pembentukan pembuluh darah yang memasok nutrisi kepada tumor. Dengan demikian akan  menekan pertumbuhan dan proliferasi tumor dalam tubuh Anda.
Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Menyatakan bahwa ” kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang golden stichoupus variegatus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.”
Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Brasilyang diterbitkan pada bulan September 1996 di “Journal of Biological Chemistry” menemukan bahwa kondroitin sulfat dapat berfungsi sebagai  antikoagulan.
Dr Oetjoeng Handajanto Sukajadi, Bandung. Perkenalan dr Oetjoeng Handajanto dengan ekstrak teripang pada 2004. Semula ia menganggap ekstrak teripang hanya suplemen. Ahli terapi kolon itu memberikan ekstrak itu kepada penderita gangren atau luka akibat diabetes mellitus. Dalam hitungan hari, luka pun mengering. Menurut lulusan Fakultas Kedokteran Bochum University, Jerman, itu keampuhan ekstrak teripang kaya kolagen. Faedah kolagen meningkatkan regenerasi sel-sel mati akibat luka sehingga mempercepat penyembuhan. Ia tak menyangka ekstrak itu mampu menyembuhkan luka dalam waktu singkat. Bagaimana dengan diabetes mellitus? Penyakit kencing manis itu pada dasarnya tidak bisa disembuhkan, tetapi kadar gula darah hanya bisa dikontrol. Itu pun hanya pada penderita diabetes tanpa ketergantungan insulin. Nutrisi pada teripang mampu merangsang kelenjar pankreas memproduksi insulin. Selain itu anggota famili Holothuriidae itu memperbaiki kinerja ginjal dan limfa sehingga gula dapat dicerna dengan baik. Senyawa aktif itu juga berguna untuk mengatasi luka dinding lambung penderita maag akut dan gangguan pencernaan.
Prof. Dr. Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia. Dari hasil penelitiannya disebutkan bahwa ” teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi.”
Mengkonsumsi  teripang  atau ekstrak teripang  juga dapat mempercepat penyembuhan luka, karena teripang mampu berfungsi dalam pembentukan jaringan baru dalam waktu singkat . Hal ini mungkin disebabkan oleh karakter teripang yang mempunyai zat tertentu yang dapat dengan cepat meregenerasi  jaringan tubuhnya yang rusak karena terluka.  Hal tersebut dikemukakan oleh  “Marine Drugs” dalam sebuah Studi yang dilakukan pada bulan Oktober 2011, kemampuan teripang dalam meregenerasi tubuhnya yang rusak, karena binatang ini mengandung  asam lemak tertentu, seperti misalnya asam arakidonat.
Nah itulah sedikit ulasan mengenai teripang emas dan khasiat yang terkandung didalamnya. Terimakasih telah membaca sampai akhir dan semoga artikel ini dapat bermanfaat ya 🙂
Salam sehat jgqnc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *